Social Icons

Sabtu, 09 November 2013

Diet Alami dengan Jati Belanda

Cempaka - Masalah kegemukan atau overweight bukan lagi dipandang dengan prestise karena identik dengan kesuburan suatu individu. Kelebihan berat badan bagi sebagaian orang merupakan masalah besar yang berakibat berkurangnya percaya diri.

Salah satu cara yang diyakini bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi ramuan daun jati belanda. Daun jati belanda sejak lama di pakai sebagai obat pelangsing. Apakah sudah terbukti secara ilmiah ? Ahli framasi Drs.Suhardjono, Apt. Msi mengatakan, dilihat dari kandungan daun jati belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk) yaitu ada zat lendir yang mengandung serat (fiber) yang bersifat lubricating untuk melicinkan sehingga menghambat penyerapan lemak, glukosa dan kolestrol dalam makanan dan minuman untuk memperlancar pembuangan air besar.

Penggunaan daun jati sebagai obat herbal biasanya dilakukan dengan menyeduh dan mengambil saripati daun dan meminum rebusan daun secara rutin pagi dan sore hari. Daun jati belanda dikenal mempunyai khasiat beragam, antara lain sebagai obat pelangsing atau susut perut, mengusir rematik, menurunkan kadar kolestrol, menurunkan kadar lipid dalam darah.

Sebenarnya seluruh bagian tanaman tersebut digunakan sebagai obat. Zat utama dalam tanaman tersebut adalah tanin dan musilago. Kandungan lain adalah resin, flavonoid, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, karbohidrat, kafein, terpen, sterol, beta-siterol, friedelin-3-alfa-asetat, friedelin-3-beta-ol,alkoloida dan minyak lemak.

Kandungan tanin dalam daun jati belanda berfungsi sebagai adstringent yang merupakan zat yang mengendapkan protein pada mukus yang melapisi bagian dalam usu. Jadi dapat mengurangi dan mengendalikan lemak yang masuk dalam tubuh. Musilago bisa menyebabkan absorbsi atau pengurangan penyerapan makanan pada usus.

Sebelum menggunakan daun jati belanda ini ada baiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu yah guys.. Efek samping yang ditimbulkan buang air kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan berkomentar yah, monggoo :